Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Buku Teks Matematika SMP (Komparasi Buku Indonesia dan Malaysia)

Pratama, Gina Sasmita and Retnawati, Heri (2019) Analisis Muatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Buku Teks Matematika SMP (Komparasi Buku Indonesia dan Malaysia). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan HOTS pada buku teks matematika Indonesia kelas VIII SMP, buku teks matematika Malaysia tingkatan 2 Sekolah Menengah, dan perbandingan muatan HOTS pada keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis analisis konten. Sumber data atau dokumen yang dianalisis dalam penelitian ini adalah buku teks Matematika SMP kelas VIII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta buku teks Matematik Tingkatan 2 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi berupa kerangka analisis dokumen. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Muatan HOTS di buku teks Matematika Indonesia Kelas VIII dilihat dari bagian materi, contoh, dan latihan soal. Pada bagian materi, muatan HOTS sebesar 68% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 76%, mengevaluasi (C5) 10%, dan mencipta (C6) 14%. Pada bagian contoh, muatan HOTS sebesar 38% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 93%, mengevaluasi (C5) 7%, dan mencipta (C6) 0%. Pada bagian latihan soal, muatan HOTS sebesar 16% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 44%, mengevaluasi (C5) 39%, dan mencipta (C6) 17%. Muatan HOTS di buku teks Matematika Malaysia Tingkatan 2 juga dilihat dari bagian materi, contoh, dan latihan soal. Pada bagian materi muatan HOTS sebesar 49% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 95%, mengevaluasi (C5) 0%, dan mencipta (C6) 5%. Pada bagian contoh muatan HOTS sebesar 15% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 67%, mengevaluasi (C5) 33%, dan mencipta (C6) 0%. Pada bagian latihan soal muatan HOTS sebesar 13% dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 47%, mengevaluasi (C5) 47%, dan mencipta (C6) 6%. Muatan HOTS pada bagian materi, contoh, dan latihan soal di buku Indonesia lebih besar dibandingkan dengan buku Malaysia. Bagian materi di buku Indonesia disajikan dengan pendekatan saintifik sedangkan di buku Malaysia disajikan dalam bentuk eksplorasi berbasis IT (Teknologi Informasi). Bagian contoh di buku Malaysia dikenalkan tahapan pemecahan masalah sedangkan di buku Indonesia tidak ada. Pada bagian latihan soal tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua buku. Kata Kunci: Analisis Konten, Higher Order Thinking Skills, Buku Teks, Komparasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:01
Last Modified: 16 Oct 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66165

Actions (login required)

View Item View Item