Analisis Kemampuan Pembuktian, Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak di Yogyakarta

Maslahah, Fitri Ni'matul and Abadi, Agus Maman (2019) Analisis Kemampuan Pembuktian, Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-efficacy Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak di Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan pembuktian, kemampuan berpikir kreatif, dan self-efficacy, (2) pengaruh selfefficacy terhadap kemampuan pembuktian, (3) pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan (4) pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pembuktian mahasiswa pendidikan matematika di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2019 dengan populasi mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di Yogyakarta yang telah atau sedang menempuh mata kuliah Aljabar Abstrak pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan pembuktian mahasiswa Pendidikan Matematika di Yogyakarta masih rendah. Rerata kemampuan pembuktian mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Abstrak hanya mencapai 47,94 dengan indikator kemampuan verifikasi mencapai skor 53,15; kemampuan reasoning mencapai 46,18; kemampuan mengkomunikasikan mencapai 50,66; dan kemampuan sistematisasi mencapai 50,61. Kemampuan berpikir kreatif masih rendah dengan rerata 43,46 dengan indikator kemampuan flexibility mencapai 45,28; kemampuan fluency mencapai 42,41; kemampuan originality mencapai 59,73; dan kemampuan elaboration mencapai skor 43,95. Self-efficacy mahasiswa Pendidikan Matematika di Yogyakarta berada pada kategori sedang. (2) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pembuktian mahasiswa dengan prediktor dominan keyakinan mahasiswa dalam menguasai situasi atau konsep pembuktian. (3) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan prediktor dominan keyakinan mahasiswa terhadap kemampuannya mendapatkan hasil yang positif di semua aktivitas yang dilakukan. (4) Kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap kemampuan pembuktian mahasiswa. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pembuktian, selfefficacy

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:46
Last Modified: 15 Oct 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66163

Actions (login required)

View Item View Item