Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA Materi Larutan Penyangga

Permatasari, Dea and Widjajanti, Endang (2019) Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA Materi Larutan Penyangga. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan (1) perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir terintegrasi peserta didik (2) perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar peserta didik (3) perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik pada model guided discovery learning (GDL) dengan pembelajaran expository pada materi larutan penyangga dan (4) pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only. Teknik sampel yang digunakan yaitu random sampling. Sampel terdiri dari kelompok eksperimen yaitu peserta didik XI MIA 2 (N=31) dan kelompok kontrol yaitu peserta didik XI MIA 1 (N=31). Kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran guided discovery dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori pada materi larutan penyangga. Penilaian terintegrasi dalam bentuk uraian, angket aktivitas belajar dan kemandirian belajar peserta didik, dan lembar observasi aktivitas belajar dan kemandirian belajar peserta didik sebagai instrumen dalam penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan mengkategorikan hasil dari kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan kemandirian belajar peseta didik dan analisis inferensial dengan menganalisis hasil dari kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan kemandirian belajar peserta didik menggunakan MANOVA dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat (1) perbedaan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan kemandirian belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran guided discovery dan pembelajaran ekspositori yang ditunjukan dari hasil kelompok ekperimen lebih baik dari kelompok kontrol (2) perlakuan berupa pembelajaran guided discovery berpengaruh terhadap kemampuan kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan kemandiririan belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa GDL yang digunakan dalam kaitannya dengan topik larutan penyangga memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, aktivitas dan kemandirian belajar peserta didik. Kata kunci: pembelajaran guided discovery, kemampuan berpikir terintegrasi, kemandirian belajar, aktivitas belajar, larutan penyangga

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:09
Last Modified: 11 Oct 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66114

Actions (login required)

View Item View Item