Iswahyudi, Muhamad (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (3) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (4) Memperoleh perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen Pretest-Posttes Non Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TOI A dan X TOI B di SMK Negeri 2 Depok sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif, uji independent sample t-test, dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas yang diajar dengan model Problem Based Learning yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 17,90; (2) hasil belajar siswa kelas yang diajar dengan model Group Investigation yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 18,23; (3) efektivitas menggunakan model Problem Based Learning mempunyai skor gain 0,382 termasuk dalam kategori sedang dan model Group Investigation mempunyai skor gain 0,390 termasuk dalam kategori sedang; (4) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar setelah perlakuan tidak sama dibandingkan sebelum perlakuan; (5) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation, hasil belajar setelah perlakuan tidak sama dibandingkan sebelum perlakuan; (6) hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning sama dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Group Investigation, Hasil Belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 06:39 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 06:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66095 |
Actions (login required)
View Item |