EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Iswahyudi, Muhamad (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (3) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok; (4) Memperoleh perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen Pretest-Posttes Non Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TOI A dan X TOI B di SMK Negeri 2 Depok sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif, uji independent sample t-test, dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas yang diajar dengan model Problem Based Learning yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 17,90; (2) hasil belajar siswa kelas yang diajar dengan model Group Investigation yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 18,23; (3) efektivitas menggunakan model Problem Based Learning mempunyai skor gain 0,382 termasuk dalam kategori sedang dan model Group Investigation mempunyai skor gain 0,390 termasuk dalam kategori sedang; (4) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar setelah perlakuan tidak sama dibandingkan sebelum perlakuan; (5) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation, hasil belajar setelah perlakuan tidak sama dibandingkan sebelum perlakuan; (6) hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning sama dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Group Investigation.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:39
Last Modified: 09 Oct 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66095

Actions (login required)

View Item View Item