Pengembangan Model Permainan Berbasis Bola Voli untuk Meningkatkan Keterampilan Multilateral Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas di Kabupaten Kulon Progo.

Kusmanto, Aji Dwijo and Suharjana, Suharjana (2019) Pengembangan Model Permainan Berbasis Bola Voli untuk Meningkatkan Keterampilan Multilateral Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan berbasis bola voli yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan multilateral siswa sekolah dasar kelas atas. Model permainan ini dapat membuat proses pembelajaran berjalan dengan baik, menyenangkan dan sesuai tujuan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain draf awal, (3) validasi draf awal dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir, dan (7) uji efektivitas. Uji coba skala kecil di SDIT Mutiara Insani Kulon Progo. Uji coba skala besar dilakukan di SDIT Mutiara Insani dan SD N II Sungapan Kulon Progo. Uji Efektivitas dilakukan di SDIT Mutiara Insani Kulon Progo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) panduan wawancara, (2) angket dan kuesioner, (3) dan instrumen uji efektivitas berupa pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada skala penilaian, uji-t pada uji efektifitas dan deskriptif kualitatif pada masukan penilaian produk dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini yaitu telah dikembangkan model permainan berbasis bola voli untuk meningkatkan keterampilan multilateral siswa sekolah dasar kelas atas yang berbentuk buku pedoman. Buku tersebut menjelaskan secara lebih spesifik tentang model permainan, sehingga guru dan siswa sebagai praktisi di lapangan dan para pembaca akan memahami tujuan dari model permainan yang dikembangkan, alat-alat yang diperlukan, penyusunan alat, dan cara melaksanakan. Permainan ini terdiri atas tiga jenis permainan, yaitu (1) tipe rendah, (2) tipe sedang, (3) tipe tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, voli, keterampilan, multilateral, SD kelas atas
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:27
Last Modified: 30 Sep 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66030

Actions (login required)

View Item View Item