ANALISIS PERFORMA AKUSTIK PADA RUANG KELAS TEORI DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Darfianto, Dwi Agus (2019) ANALISIS PERFORMA AKUSTIK PADA RUANG KELAS TEORI DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa akustik yang ada pada salah satu ruang kelas teori di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Parameter penilaian dilakukan dalam beberapa aspek, yaitu; Waktu dengung, pelemahan intensitas suara dan prosentase nilai kehilangan artikulasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Objek penelitian dilakukan di ruang kelas teori A.108 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Oktober-November 2018. Analisis akustik ruang kelas dilakukan dengan mengukur dimensi ruang kelas dan mendeskripsi bahan serap ruang serta mengukur intensitas suara menggunakan perangkat lunak (software). Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah DSSF3 dengan Real-time Analyzer sebagai alat perekam tingkat intensitas suara yang di aplikasikan pada laptop/computer. Analisis untuk mengetahui nilai kehilangan artikulasi menggunakan Articulation Loss of Consonant (ALCons) sebagai tolak ukur kejelasan suara. Hasil penelitian ini adalah; Waktu dengung pada ruang A.108 SMK N 2 Yogyakarta sebesar 6.12 detik, masih kurang dari standarnya yaitu 0,7-1,1 detik, Pelemahan intensitas suara pada ruang kelas diperoleh sebesar 7,3dB, secara teori perubahan intensitas ≥6dB dapat dirasakan dengan jelas, Nilai kehilangan artikulasi pada ruang kelas diperoleh sebesar 55.08% (kurang layak), Direkomendasikan untuk perbaikan akustik ruang dapat menggunakan; (a) meningkatkan faktor serap ruang, (b) mengganti sistem sirkulasi terbuka menjadi tertutup, (c) memakai pengeras suara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ruang kelas, akustika ruang, waktu dengung, ALCons
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:16
Last Modified: 26 Sep 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66011

Actions (login required)

View Item View Item