Pengaruh Latihan Imagery dan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Free Throw Pada UKM Bola Basket Universitas Islam Indonesia.

Ramadhansyah, Muhammad Naufal and Dimyati, Dimyati (2019) Pengaruh Latihan Imagery dan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Free Throw Pada UKM Bola Basket Universitas Islam Indonesia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara metode latihan internal imagery dan external imagery terhadap ketepatan free throw pada pemain UKM bola basket Universitas Islam Indonesia, 2) perbedaan pengaruh konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap ketepatan free throw pada pemain UKM bola basket UII, dan 3) interaksi antara metode latihan dan konsentrasi terhadap ketepatan free throw pada pemain UKM bola Basket UII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2 pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di UKM bola basket UII. Sampel berjumlah 38 pemain yang ditentukan dengan pembagian kelompok 27% batas atas dan 27% batas bawah. Teknik pengumpulan data: 1) Penentuan sampel berdasarkan pada hasil tes konsentrasi pemain UKM bola basket UII dan 2) Melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) free throw. Instrumen menggunakan 2 Tes yaitu Tes ketepatan free throw dengan Validitas (0,79) dan reliabilitas (0,92). Tes konsentrasi dengan validitas (0,89) dan reliabilitas (0,803). Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan antara latihan internal imagery dan external imagery (p = 0,000 < 0,05) maka metode latihan internal imagery lebih baik daripada external imagery. 2) Terdapat perbedaan pemain yang mempunyai konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah (p = 0,000 < 0,05) maka pemain yang mempunyai konsentrasi tinggi lebih baik daripada pemain yang mempunyai konsentrasi rendah. 3) Adanya interaksi antara internal imagery dan external imagery serta konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah (p = 0,047 < 0, 05). kelompok pemain yang mempunyai konsentrasi tinggi lebih tepat jika dilatih dengan internal imagery, sedangkan kelompok pemain yang memiliki konsentrasi rendah lebih baik jika dilatih dengan external imagery Kata kunci: Mental Imagery, Konsentrasi, Ketepatan Free Throw.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:21
Last Modified: 24 Sep 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65983

Actions (login required)

View Item View Item