Efektivitas Logoterapi Terhadap Harga Diri dan Pengelolaan Stres pada Remaja Pecandu Narkoba Di Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta.

Naraasti, Diani and Astuti, Budi (2019) Efektivitas Logoterapi Terhadap Harga Diri dan Pengelolaan Stres pada Remaja Pecandu Narkoba Di Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka .pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

DIANI NARAASTI: Efektivitas Logoterapi Terhadap Harga Diri dan Pengelolaan Stres pada Remaja Pecandu Narkoba Di Pondok Pesantren Bidayatussalikin Sleman Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. 2018. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena di lapangan yang menunjukkan masih minimnya pemberian logoterapi dalam mengatasi permasalahan harga diri dan pengelolaan stres pada remaja pecandu narkoba. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas logoterapi terhadap: harga diri dan pengelolaan stres remaja pecandu narkoba secara bersama-sama, dan terpisah. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 14 remaja pecandu narkoba dan sampel yang dipilih yaitu sebanyak 10 remaja pecandu narkoba yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu 5 remaja pecandu narkoba menjadi kelompok eksperimen dan 5 remaja pecandu narkoba menjadi kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala pengelolaan stres. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui adanya perbedaan nilai antara pretest dan posttest terhadap harga diri dan pengelolaan stres remaja pecandu narkoba setelah diberikan perlakuan dan uji Maan Whitney untuk melihat efektivitas logoterapi terhadap harga diri dan efektifitas logoterapi terhadap pengelolaan stres remaja pecandu narkoba. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa logoterapi efektif terhadap harga diri dan pengelolaan stres secara simultan (p ≤ 0,05) dengan nilai Z hitung sebesar -2,032. Secara terpisah logoterapi efektif terhadap harga diri (p ≤ 0,05) dengan nilai Z hitung sebesar -2,635 dan pengelolaan stres (p ≤ 0,05) dengan nilai Z hitung sebesar -2,619. Kata Kunci: logoterapi, harga diri, pengelolaan stres.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:20
Last Modified: 19 Sep 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65942

Actions (login required)

View Item View Item