PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN DETAIL PETA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Fachri, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN DETAIL PETA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan konsep video animasi pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta; (2) menghasilkan rancangan video animasi pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta; (3) mengetahui tingkat kelayakan video animasi pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta menurut ahli materi, media, dan penilaian mahasiswa; (4) menyebarluaskan video animasi pembelajaran penggunaan total station untuk pengukuran detail peta. Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define); (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (desseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala 4. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian pengguna (mahasiswa). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah dikembangkan konsep video animasi pembelajaran dan menghasilkan 4 pokok bahasan yaitu: pengenalan alat total station, K3LH, kebutuhan alat, dan langkah kerja; (2) telah dikembangkan rancangan video animasi pembelajaran pengukuran detail peta menggunakan total station yang menghasilkan video pembelajaran dengan format mp4 yang berdurasi 14 menit; (3) berdasarkan penilaian ahli materi masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan jumlah skor 68 dan persentase kelayakan 85,00%; berdasarkan penilaian ahli media masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan jumlah skor 118 dan persentase kelayakan 84,29%; berdasarkan penilaian mahasiswa masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan jumlah skor 2795 dan persentase kelayakan 86,27%; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline dan online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video animasi, total station, pengukuran detail peta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:15
Last Modified: 25 Sep 2019 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65939

Actions (login required)

View Item View Item