PROTOTYPE RANCANG BANGUN ALAT KEAMANAN SPY CAM BERBASIS MIKROKONTROLER RASPBERRY PI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA

Nugroho, Putro (2019) PROTOTYPE RANCANG BANGUN ALAT KEAMANAN SPY CAM BERBASIS MIKROKONTROLER RASPBERRY PI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan prototype rancang bangun alat keamanan spy cam berbasis mikrokontroler raspberry pi dengan notifikasi aplikasi telegram messanger. (2) mengetahui unjuk kerja prototype rancang bangun alat keamanan spy cam berbasis mikrokontroler raspberry pi dengan notifikasi aplikasi telegram messanger (3) mengetahui tingkat kelayakan prototype rancang bangun alat keamanan spy cam berbasis mikrokontroler raspberry pi dengan notifikasi aplikasi telegram messanger sebagai media pembelajaran pada mata kuliah robotika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dimulai dari analyze (menganalisa), design (perencanaan), develop (mengembangkan), implement (menjalankan), evaluate (evaluasi). Pengujian unjuk kerja menggunakan pengujian black box. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Pengujian kepada pengguna dilakukan oleh 26 mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukkan dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran robotika terdiri dari prototype rancang bangun alat keamanan spy cam berbasis mikrokontroler raspberry pi dengan notifikasi aplikasi telegram messanger, buku panduan, dan jobsheet. (2) Hasil unjuk kerja media pembelajaran dari segi fungsional dapat berfungsi dengan baik. Hasil pengujian jarak maksimal sensor PIR dapat mendeteksi gerakan dan kamera dapat mengambil gambar adalah 4 meter. (3) Tingkat kelayakan media pembelajaran robotika berdasarkan ahli materi diperoleh skor rata-rata untuk keseluruhan sebesar 69,5 yang dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase 86,88%. Hasil kelayakan media pembelajaran robotika berdasarkan ahli media diperoleh skor rata-rata untuk keseluruhan sebesar 80 yang dikategorikan “Layak” dengan persentase 83,33%. Hasil kelayakan media pembelajaran robotika berdasarkan pengguna diperoleh skor rata-rata untuk keseluruhan sebesar 90,35 yang dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase 86,87%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: alat keamanan spy cam, media pembelajaran, robotika, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:35
Last Modified: 19 Sep 2019 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65937

Actions (login required)

View Item View Item