Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah Pada Kearifan Lokal Alat Musik Tari Gandrang Bulo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Nasionalisme Peserta Didik SMA.

Naqiyah, Mardhiyyatin and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pemecahan Masalah Pada Kearifan Lokal Alat Musik Tari Gandrang Bulo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Nasionalisme Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal alat musik tari gandrang bulo yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang bunyi, dan (2) mengetahui efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap nasionalisme peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan).Subjek penelitian adalah peserta didik SMAN 1 Gowa yang teridiri atas 30 peserta didik kelas XI MIA untuk uji coba terbatas, 250 peserta didik kelas XII MIA untuk uji coba empiris dan 62 peserta didik XI MIA untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah sedangkan instrumen nontes berupa angket penilaian sikap nasionalisme, angket penilaian kelayakan produk, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam menguji kelayakan produk adalah dengan menggunakan skala baku, sedangkan penilaian kevalidan instrumen soal dianalisis menggunakan Aiken V dan analisis butir pada partial credit model (PCM) menurut teori respon butir (IRT). Selain itu, teknik analisis uji efektivitas produk dalam menigkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap nasionalisme peserta didik menggunakan anava mixed design pada general linear model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal alat musik pada tari gandrang bulo yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika berdasarkan penilaian yang diberikan oleh ahli, guru fisika, dan teman sejawat dengan kategori baik. Selain itu, butir instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan sikap nasionalisme memenuhi kriteria valid dan reliabel menurut ahli, guru fisika, dan teman sejawat sesuai dengan teori respon butir pada partial credit model, (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal alat musik pada tari gandrang bulo efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap nasionalisme peserta didik dengan nilai partial eta square masing-masing sebesar 91,3% dan 88,0%. Kata Kunci: kearifan lokal, kemampuan pemecahan masalah, perangkat pembelajaran, sikap nasionalisme, tari gandrang bulo

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:36
Last Modified: 10 Oct 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65850

Actions (login required)

View Item View Item