Pengembangan Komik Fisika Kearifan Lokal Nglarak Blarak Berbantu Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Matematis Peserta Didik SMA.

Ratnaningtyas, Latifah and Kuswanto, Heru (2019) Pengembangan Komik Fisika Kearifan Lokal Nglarak Blarak Berbantu Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Matematis Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik fisika kearifan lokal Nglarak Blarak berbantu Android yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika; dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan media komik yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan representasi diagram dan matematis peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4- D model, yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Wates dan SMA N 1 Tempel dengan subjek penelitian sebanyak 250 peserta didik kelas XI untuk uji coba empiris soal, dan 32 peserta didik kelas X untuk uji coba lapangan terbatas, serta 64 peserta didik kelas X untuk uji coba lapangan operasional. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan angket yang telah divalidasi sebelum digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan standard gain dan uji statistik menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA), Hotteling’s Trace dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 media komik fisika kearifan lokal Nglarak Blarak berbantu Android yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran fisika SMA dengan katagori sangat baik berdasarkan penilaian validator; dan (2) media komik yang dikembangkan tersebut secara efektif dapat meningkatkan kemampuan representasi diagram dan matematis.berdasarkan analisis effect size dengan nilai

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:13
Last Modified: 10 Oct 2019 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65849

Actions (login required)

View Item View Item