Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Sholekhah, Irmadatus and Suyanto, Suyanto (2019) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, promosi, dan kualitas layanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian merupakan infinite population, sehingga sampel penelitian diambil menggunakan teknik accidental sampling (convenience sampling). Adapun jumlah sampel penelitian yaitu 384 nasabah Bank Syariah yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian didasarkan pada perolehan nilai KMO and Bartlett’s Test. Uji reliabilitas instrumen penelitian dilakukan dengan melihat besarnya nilai Cronbach’s Alpha. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 21. Pengujian hipotesis penelitian secara parsial dilakukan dengan Uji t, sedangkan uji hipotesis simultan penelitian dilakukan dengan Uji F. Hasil analisis regresi pada probabilitas ∝ 0,05 menunjukkan bahwa: (1) variabel literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 1,531 dan Sig. = 0,127; (2) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 4,036 dan Sig. = 0,000; (3) variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah di DIY, dibuktikan dengan perolehan nilai t = 23,054 dan Sig. = 0,000; dan (4) secara simultan literasi keuangan syariah (X1), promosi (X2), dan kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah (Y) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil ini dibuktikan dengan nilai F = 319,597 dan Sig. = 0,000 pada probabilitas 0,05. Kata Kunci: kepuasan nasabah, literasi keuangan syariah, promosi, kualitas layanan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:42
Last Modified: 10 Oct 2019 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65775

Actions (login required)

View Item View Item