Analisis Kemampuan TPACK Guru Biologi SMA di Kabupaten Sragen Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Akreditasi Sekolah

Pradana, Sendy Putra and Paidi, Paidi (2019) Analisis Kemampuan TPACK Guru Biologi SMA di Kabupaten Sragen Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Akreditasi Sekolah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru biologi SMA di Kabupaten Sragen menerapkan TPACK dalam RPP dan proses pembelajaran, serta mengetahui sejauh mana pengetahuan guru biologi mengenai TPACK berdasarkan status sertifikasi guru dan akreditasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan populasi hipotetik, yang meliputi seluruh guru biologi SMA di Kabupaten Sragen yang pernah ada, yang sekarang ada, maupun yang akan ada. Sampel yang mewakili populasi hipotetik berupa sampel konvenien atau sampel yang sekarang ada dan mudah untuk diobservasi, dalam hal ini sampel meliputi 17 guru biologi yang tersebar dari 13 SMA di Kabupaten Sragen. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari RPP yang disusun guru, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, serta tes pengetahuan TPACK guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi penerapan TPACK pada RPP, lembar observasi penerapan TPACK pada proses pembelajaran, serta soal tes untuk mengungkap pengetahuan TPACK guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan dan kemampuan penerapan TPACK guru dalam RPP maupun dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan TPACK guru biologi yang mengajar di sekolah terakreditasi A maupun guru biologi yang mengajar di sekolah terakreditasi B. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa efek faktor status sertifikasi dalam akreditasi sekolah terhadap kemampuan TPACK guru tidak signifikan. Kata Kunci: Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), Guru, Biologi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2019 08:21
Last Modified: 06 Mar 2023 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65640

Actions (login required)

View Item View Item