Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X

Karim, Curnia (2019) Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Curnia Karim (15716251038) PBI.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan bahan ajar multimedia pembelajaran interaktif dan (2) mengungkapkan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Pelangi. Prosedur penelitian diadaptasi dari model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009). Tahapan-tahapannya meliputi menganalisa kebutuhan siswa, mendesain rancangan buku ajar dan diagram alir, mengembangkan pembelajaran multimedia interaktif, menerapkan pembelajaran multimedia interaktif, dan mengevaluasi pembelajaran multimedia interaktif yang dilakukan oleh ahli, siswa, dan guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang meliputi kuesioner kebutuhan siswa, skala penilaian ahli, transkrip wawancara, dan kuesioner untuk siswa tentang produk. Data yang diperoleh dari instrumen tersebut dianalisis secara kuantitatif menggunakan frekuensi dan persentase. Sedangkan data dari wawancara dianalisis secara deskriptif. Produk pertama direvisi berdasarkan hasil dari kuesioner ahli untuk mendapatkan produk akhir. Ada enam unit pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan dengan judul DIAMOND (Digital Interactive Multimedia on Demand). Multimedia pembelajaran interaktif dikembangkan berdasarkan pada Kurikulum 2013. Banyaknya aktifitas pada setiap unit berbeda dengan unit lain tetapi menggunakan desain yang sama. Unit pertama berjudul My Best Friend, unit kedua adalah Which One is Your Best Gate away?, unit ketiga adalah What You Did Last Holiday?, unit keempat adalah The Battle of Surabaya, unit kelima adalah The Sun and The Wind, dan unit terakhir adalah Malin Kundang. Materi diadaptasi dari beberapa sumber untuk mengembangkan materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan target kebutuhan siswa. Berdasarkan evaluasi oleh ahli, materi dikategorikan sangat bagus dengan nilai rata-rata 3,3, sedangkan media dikategorikan sangat bagus dengan rata-rata 3,6. Hasil dari evaluasi siswa juga menunjukkan pengembangan pembelajaran multimedia interaktif dikategorikan layak. Rata-rata hasilnya adalah 3,68 sehingga dikategorikan sebagai “sangat baik”. Keywords: informasi dan tehnologi komunikasi, multimedia interaktif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:15
Last Modified: 16 Aug 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65291

Actions (login required)

View Item View Item