Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Piyungan.

Anita, Diah (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Piyungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diah anita-4712251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem-Based Learning yang layak digunakan, (2) mengungkapkan efektifitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah. Penelitian ini dilakukan di SD Piyungan. Subjek uji coba dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas tiga. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket validasi, angket respon, tes kemampuan berpikir kreatif, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan adalah independent t-test dan paired sample t-test dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli, silabus mendapat rerata skor 4,3 yang masuk dalam kategori sangat layak. Rencana pelaksanaan pembelajaran mendapat rerata skor 4,5 yang masuk dalam kategori sangat layak. Lembar kerja siswa mendapat rerata skor 4,6 yang masuk dalam kategori sangat layak. Instrumen penilaian mendapat rerata skor 4,1 yang masuk dalam kategori layak. Buku ajar mendapat rerata skor validasi dari ahli 4,4 yang masuk dalam kategori sangat layak. Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dengan nilai signifikansi <0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, berpikir kreatif, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:35
Last Modified: 02 Nov 2021 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65081

Actions (login required)

View Item View Item