Pengembangan Aplikasi Si Waysa (Sinau Wayang Sawah) Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Kesenian Wayang Sawah Yang Ada Di Desa Dobangsan Kulonprogo

Alfathony, Alfathony (2019) Pengembangan Aplikasi Si Waysa (Sinau Wayang Sawah) Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Kesenian Wayang Sawah Yang Ada Di Desa Dobangsan Kulonprogo. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan aplikasi SI WAYSA berbasis android sebagai media untuk menyebarluaskan dan memperkenalkan kesenian Wayang Sawah yang ada di desa Dobangsan Kulonprogo (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian sesuai standar ISO/IEC 25010 yang ditinjau dari aspek functional suitability, compatibility, usability,dan performance efficiency serta aspek ahli materi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan prosedur pengembangan perangkat lunak model waterfall yang tahapannya terdiri dari tahap komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan penyerahan perangkat lunak kepada pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) aplikasi SI WAYSA (Sinau Wayang Sawah) berbasis android dapat digunakan sebagai media untuk menyebarluaskan dan mengenalkan kesenian Wayang Sawah yang ada di desa Dobangsan Kulonprogo ke khalayak ramai. 2) aplikasi telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 pada aspek (1) functional suitability seluruh fungsi aplikasi berjalan 100% atau sangat layak, (2) compatibility dan co-existence memperoleh skor 100% atau sangat layak, (3) usability mendapatlan skor 79.90% atau sangat layak , (4) performance efficiencymendapatkan hasil yang baik karena aplikasi dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi memory leak atau force close dengan time behavior 0,034 seconds/thread, penggunan CPU rata-rata 18.37 % dan konsumsi memory rata-rata 25.62MB. (5) pengujian ahli materi aplikasi memperoleh skor sebesar 100% atau sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, kesenian Wayang, android, ISO/IEC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:37
Last Modified: 06 Aug 2019 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65078

Actions (login required)

View Item View Item