PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PRESENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FINGERPRINT SMK NEGERI 2 SEWON

Masitoh, Riadina (2019) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PRESENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FINGERPRINT SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sistem informasi presensi siswa berbasis web dengan menggunakan fingerprint di SMK Negeri 2 Sewon, 2) melakukan pengujian kualitas dari sistem informasi presensi siswa berbasis desktop menggunakan fingerprint di SMK Negeri 2 Sewon berdasarkan standar ISO 9126 yang meliputi aspek functionally, reliability, usability, dan efficiency. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dan model pengembangan yang digunakan adalah Waterfall yang terdiri dari: 1) analisis, 2) desain, 3) implementasi, dan 4) pengujian. Analisis kualitas dilakukan dengan melakukan pengujian kualitas terhadap web menggunakan standar ISO/IEC 9126 dengan metode Web Quality Evaluation Method (WebQEM) yang terdiri dari empat aspek yaitu: 1) pengujian functionality, 2) pengujian efficiency, 3) pengujian reliability, dan 4) pengujian usability. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) aplikasi sistem informasi presensi berbasis web dengan fingerprint scanner sebagai media input data presensi oleh siswa. Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk mengirim pesan, mengelola data presensi, perizinan, dan keterlambatan, memverifikasi data, mengelola data rekap, mengelola data sekolah seperti data siswa, data guru, data admin, data petugas, data akun, jadwal sekolah, dan jadwal piket, serta dapat mengunggah dan mencetak data. 2) Aplikasi ini layak digunakan karena telah memenuhi standar kualitas yang ditunjukkan dengan hasil pengujian aspek functionality bernilai 1 atau Baik, hasil pengujian reliability menggunakan WAPT Pro 5.0 bernilai 1 yang berarti memenuhi aspek reliability, hasil pengujian efficiency menggunakan GTmetrix dengan acuan penilaian dari YSlow adalah Grade A atau baik, dan hasil pengujian usability dengan kuisioner model USE Questionnaire diperoleh hasil tinggi/baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Presensi, WebQEM, ISO/IEC 9126, Presensi Fingerprint, SMK Negeri 2 Sewon
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 00:51
Last Modified: 01 Aug 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64974

Actions (login required)

View Item View Item