EVALUASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 1 NANGGULAN DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013

Pratiwi, Mei Diana (2019) EVALUASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 1 NANGGULAN DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul SD Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan kurikulum 2013 edisi revisi pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran kejuruan kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Nanggulan yang meliputi: (1) perencanaan perangkat pembelajaran; (2) kesesuaian perangkat pembelajaran; dan (3) pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy atau kesenjangan dan analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri berjumlah 2 orang dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMK N 1 Nanggulan, serta siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Nanggulan yang telah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi pada kelas X. Data diperoleh dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan perangkat pembelajaran dengan Kurikulum 2013 edisi revisi termasuk dalam kategori sangat sesuai hal ini dibuktikan dengan hasil analisis perencanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,67 dari nilai tertinggi ideal 92; (2) Kesesuaian perangkat Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 edisi revisi termasuk dalam kategori sangat sesuai hal ini dibuktikan dengan hasil analisis perencanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 111,67 dari nilai tertinggi ideal 136; dan (3) Kesesuaian Pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 edisi revisi termasuk dalam kategori sangat sesuai hal ini dibuktikan dengan hasil analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 86 dari nilai ideal tertinggi 100, dan pemanfaatan perangkat pembelajaran menurut siswa termasuk dalam kategori sesuai hal ini dibuktikan dengan hasil termasuk dalam kategori sesuai dengan nilai rata-rata 37,03 dari nilai ideal tertinggi 48.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, perangkat pembelajaran, kurikulum
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:26
Last Modified: 31 Jul 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64950

Actions (login required)

View Item View Item