UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR NGEMPLAK SLEMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Puspitaningtyas, Rr. Yunita (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR NGEMPLAK SLEMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rr. Yunita Puspitaningtyas.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar yang berjumlah 29 anak, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis secara kualitatif yang berkaitan dengan observasi, dan dokumentasi sedangkan data dianalisis secara kuantitatif persentase yang berkaitan dengan hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 12 siswa atau 41,38% dari seluruh siswa yang mendapat nilai≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran NHT di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 18 siswa atau 62,07% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memvariasi model pembelajaran NHT di siklus II dengan pembentukan kelompok yang heterogen, penomeran, pemanggilan nomer acak secara terencana, dan pemberian reward pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 27 siswa atau 93,10% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 71 sedangkan pada siklus II yaitu 77. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, NHT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item