PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PEMBELAJARAN SULAMAN MANIK-MANIK DENGAN MOTIF FLORA UNTUK SMK TATA BUSANA

Agustin, Nabila Putri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PEMBELAJARAN SULAMAN MANIK-MANIK DENGAN MOTIF FLORA UNTUK SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN SEKRIPSI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pop-up book sulaman manik-manik pada Mata Pelajaran Hiasan Busana di SMK Tata Busana. 2) mengetahui kelayakan media pop-up book sulaman manik-manik pada Mata Pelajaran Hiasan Busana di SMK Tata Busana. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh TIM pusat penelitian kebijakan dan inovasi (puslitjaknov) dengan 5 tahap penelitian yaitu: 1) tahap analisis kebutuhan ,2) Pengembangan Produk 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji kelompok kecil, 5) uji kelompok besar. Penelitian ini melibatkan ahli media dan ahli materi, produk diujicobakan kepada 6 siswa untuk uji coba skala kecil dan 20 siswa untuk uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Karya Rini. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran pop-up book sulaman manik-manik yang dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran pop-up book sulaman manik-manik dari 3 ahli media dan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 100 % termasuk dalam kategori layak, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil developmental testing kepada 6 siswa mendapatkan presentase sebesar 83,3% termasuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya dari hasil validation testing yang diujicoba pada 20 siswa mendapatkan presentase 70% termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari siswa dapat disimpulkan bahwa media pop-up book sulaman manik-manik dengan motif flora di SMK Tata Busana sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pop-up book, sulaman manik-manik, SMK Tata Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:40
Last Modified: 29 Jul 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64814

Actions (login required)

View Item View Item