Unsur Musikal Kesenian Gandang Tambua dan Tasa di Sanggar Darak Badarak Pariaman Sumatera Barat dan Relevansinya terhadap Nilai Pendidikan Karakter

Afdhal, Muhammad (2019) Unsur Musikal Kesenian Gandang Tambua dan Tasa di Sanggar Darak Badarak Pariaman Sumatera Barat dan Relevansinya terhadap Nilai Pendidikan Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Muhammad Afdhal-16724251017-P. Seni.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat unsur-unsur musik kesenian Gandang Tambua dan Tasa serta mengkaji relevansi unsur-unsur musik kesenian Gandang Tambua dan Tasa dengan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi etnografis. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan materi audio-visual, kemudian dibuat kategorisasi dan klasifikasi unsur-unsur musik lalu dihubungkan berdasarkan relasi triadik semiotika Charles Sanders Peirce. Data diinterpretasi dengan cara memahami tanda-tanda yang ditemukan pada unsur-unsur musik dan dihubungkan berdasarkan dengan indikator nilai-nilai penddikan karakter. engujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: a) unsur musik yang terdapat dalam kesenian Gandang Tambua dan Tasa adalah unsur irama, unsur harmoni, unsur bentuk atau struktur lagu, unsur ekspresi yang terdiri dari dinamik, tempo dan warna nada dan unsur teknik permainan; b) relevansi unsur musikal dengan nilai pendidikan karakter dalam kesenian Gandang Tambua dan Tasa adalah: a) nilai disiplin memiliki relevansi dengan tempo; b) nilai cinta tanah air memiliki relevansi dengan tempo dan dinamik; c) nilai bersahabat atau komunikatif memiliki relevansi dengan eskpresi permainan; d) nilai tanggung jawab memiliki relevansi dengan unsur irama; dan e) nilai kreatif memiliki relevansi dengan unsur irama. Kata kunci: relevansi; unsur-unsur musik; Gandang Tambua dan Tasa; pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:38
Last Modified: 25 Jul 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64765

Actions (login required)

View Item View Item