PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DATA DENGAN BLUETOOTH HC-05 DAN FREKUENSI RADIO NRF24L01 PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK ANTARMUKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA

Hartatik, Ovi Tri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI DATA DENGAN BLUETOOTH HC-05 DAN FREKUENSI RADIO NRF24L01 PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK ANTARMUKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan media pembelajaran komuniasi data dengan Bluetooth HC-05 dan Frekuensi Radio nRf24L01 pada mata kuliah Praktik Teknik Antarmuka di Pendidikan Teknik Mekatronika, (2) unjuk kerja media pembelajaran komuniasi data dengan Bluetooth HC-05 dan Frekuensi Radio nRf24L01 pada mata kuliah Praktik Teknik Antarmuka di Pendidikan Teknik Mekatronika, (3) tingkat kelayakan media pembelajran komuniasi data dengan Bluetooth HC-05 dan Frekuensi Radio nRf24L01 pada mata kuliah Praktik Teknik Antarmuka di Pendidikan Teknik Mekatronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) menurut Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang berupa angket dengan skala Likert 4 pilihan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pengembangan media pembelajaran komunikasi data dengan bluetooth HC-05 dan frekuensi radio nrRF24L01 berupa hardware dan software dilengkapi dengan buku panduan dan labsheet untuk mempermudah penggunaan, (2) produk media pembelajaran dengan bluetooth dapat bekerja dengan baik di dalam ruangan dengan penghalang pada jarak 1-10m dan tanpa penghalang pada jarak 1-100m, sedangkan di luar ruangan dengan penghalang pada jarak 1-20m dan tanpa penghalang 1-130m. Frekuensi radio bekerja dengan baik di dalam ruangan dengan penghalang pada jarak 1-4m dan tanpa penghalang pada jarak 1-100m, sedangkan di luar ruangan dengan penghalang pada jarak 1-13m dan tanpa penghalang 1-100m, (3) tingkat kelayakan media mendapatkan nilai rerata 69,5 yang masuk dalam kategori “Layak” dengan persentase sebesar 69,5 %. Tingkat kelayakan materi mendapatkan nilai rerata 80,5 yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 91,48 %. Penilaian pengguna dilakukan oleh 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika yang sedang menempuh mata kuliah Praktik Teknik Antarmuka. Hasil uji pengguna mendapatkan nilai rerata 90,60 yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 87,12 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Bluetooth, Frekuensi Radio, Praktik Teknik Antarmuka.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:27
Last Modified: 25 Jul 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64745

Actions (login required)

View Item View Item