PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN KGSP SMK NEGERI 2 DEPOK

Arief, Fariz Awaludin (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN KGSP SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I PENDAHULAN.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara meningkatkan keaktifan siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan di SMK Negeri 2 Depok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division); dan (2) Mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan di SMK Negeri 2 Depok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KGSP (Kontruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan) di SMK Negeri 2 Depok yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Obervasi; (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil wawancara dan observasi dimasukan kedalam catatan lapangan. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar diketahui dari hasil observasi keaktifan dan nilai dari setiap siklus. Tercapainya tujuan penelitian didasarkan kepada tingkat keaktifan ≥ 75%, dan hasil belajar ≥ 85% dari 32 siswa mendapatkan nilai ≥ 77. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan adalah dengan memberikan motivasi dan apresiasi pada berani aktif dan cara yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan lebih menekankan pada pembagian kelompok yang merata dan penekanan pengawasan saat berdiskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, PTK, STAD
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:26
Last Modified: 24 Jul 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64730

Actions (login required)

View Item View Item