Penerapan Teknik Peneladanan (Modeling) pada Kemampuan Interaksi Sosial dan Kontrol Diri Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB Mulatsariro Wonogiri

Harjana, Ramdhan (2019) Penerapan Teknik Peneladanan (Modeling) pada Kemampuan Interaksi Sosial dan Kontrol Diri Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SLB Mulatsariro Wonogiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Ramdhan Harjana_14729251001_PLB.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik peneladanan (modeling) pada kemampuan interaksi sosial dan kontrol diri anak ADHD di SLB Mulatsariro Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subyek penelitian merupakan siswa ADHD kelas IV dan V, berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data menggunakan , observasi pada saat pelaksanaan intervensi, dan dokumentasi. Data yang diperoloh dianalisis dengan statistik menggunakan analisis Wilcoxon . Pengumpulan data melalui pemberian pra-perlakuan dan pasca-perlakuan berupa kolom pengamatan yang diisi oleh 2 orang observer kemudian hasil dari praperlakuan dan pasca-perlakuan dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan selama proses pemberian perlakuan terjadi peningkatan perubahan dan peningkatan kemampuan interaksi sosial dan kontrol diri anak ADHD yang menjadi subyek. Hasil penelitian mengungkapkan peningkatan kemampuan interaksi sosial sebesar 29% dan peningkatan kemampuan control diri sebesar 25,5%. Data kemudian diuji beda dengan bantuan program SPSS untuk Windosw 7 dan mendapatkan hasil, Sig 0,007 untuk kemampuan interaksi sosial dan 0,007 untuk kemampuan kontrol diri subyek dengan standar deviasi 0,05. Dari hasil pra-perlakuan dan pascaperlakuan diuji statistik menggunakan uji tanda Wilcoxon dapat dilihat penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan teknik peneladanan (modeling) pada kemampuan interaksi sosial dan kontrol diri anak ADHD. Kata kunci : teknik peneladanan, interaksi sosial, kontrol diri, dan anak ADHD

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:35
Last Modified: 23 Jul 2019 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64714

Actions (login required)

View Item View Item