PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X DPIB SMK N 2 YOGYAKARTA

Simanjuntak, Uly Miranda S. (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X DPIB SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan siswa Kelas X Bidang Keahlian desain permodelan informasi dan bangunan SMK N 2 Yogyakarta melalui Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan menggunakan prosedur model Kemmis dan Mc Taggart yaitu penelitian tindakan dilakukan pada empat tahap kegiatan dalam setiap siklus yaitu: perencanaan (plan) – tindakan (action) – observasi (observe) – evaluasi atau refleksi (reflect). Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasidan tes tertulis. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Kelas X program keaklian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menerapkan Problem Based Learning maka hal yang perlu ditekankan adalah pada saat dikembangkannya dengan media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya dan memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab kuis cepat tepat yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan peserta didik dapat dibuktikan dari skor keaktifan rata-rata siklus I 31.21%, dan hasil belajar siswa sebesar 43.75 % (14 siswa). siklus II skor keaktifan 70.56% dan hasil belajar 87.50% (28 siswa). Siklus III skor keaktifan 80.81% dan hasil belajar menjadi 100% (32 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jul 2019 06:10
Last Modified: 19 Jul 2019 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64644

Actions (login required)

View Item View Item