ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ningtias, Nidya Ayu (2019) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. COVER sd DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 2 Yogyakarta yang ditinjau dari 3 aspek, yaitu: (1) aspek persiapan mengajar, (2) aspek pelaksanaan PBM, dan (3) aspek evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran produktif, siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Geomatika. Objek penelitian yaitu tingkat kesiapan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada aspek persiapan mengajar, aspek pelaksanaan PBM, dan aspek evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan kuisioner. Responden guru sebanyak 2 orang dan siswa sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel guru adalah seluruh populasi guru Program Keahlian Teknik Geomatika. Pengambilan sampel siswa adalah seluruh populasi siswa Program Keahlian Teknik Geomatika kelas X dan XI. Uji validitas instrumen dilakukan dengan experts judgment dan dinyatakan valid. Koefisien reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesiapan guru pada: (1) aspek persiapan mengajar yaitu guru tidak membuat RPP, (2) aspek pelaksanaan PBM dalam kategori “SIAP” yaitu 60%, dan (3) aspek evaluasi pembelajaran yaitu guru tidak membuat rencana teknik penilaian ataupun instrumen penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kesiapan, persiapan mengajar, pelaksanaan PBM, evaluasi pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 May 2019 06:19
Last Modified: 22 May 2019 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63904

Actions (login required)

View Item View Item