PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN STAKE OUT LENGKUNGAN JALAN PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNY

Daryono, Rihab Wit (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN STAKE OUT LENGKUNGAN JALAN PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM GEOMATIKA II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul s.d. Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan video pembelajaran berbasis animasi penggunaan total station untuk pengukuran stake out lengkungan jalan pada mata kuliah praktikum geomatika II dalam proses pembelajaran. (2) mengetahui kinerja dari pengembangan video pembelajaran berbasis animasi penggunaan total station untuk pengukuran stake out lengkungan jalan pada mata kuliah praktikum geomatika II dalam proses pembelajaran. (3) mengetahui tingkat kelayakan dari pengembangan video pembelajaran berbasis animasi penggunaan total station untuk pengukuran stake out lengkungan jalan pada mata kuliah Praktikum Geomatika II yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket/kuesioner dan studi dokumen. Angket penilaian divalidasikan kepada expert judgement dengan saran pembenaran pada pengertian total station dan stake out untuk ahli materi dan penambahan media pembelajaran interaktif untuk ahli media. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan video animasi stop motion melalui tahap 4D. Tahap define untuk menentukan tujuan dengan melakukan studi dokumen dan wawancara. Tahap design dengan melakukan perancangan hingga pada tahap pembuatan media. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Tahap disseminate dengan pengunggahan video ke youtube, dalam bentuk kepingan CD/DVD untuk dosen dan media pembelajaran interaktif diunggah ke google drive (2) Kelayakan video berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan persentase yaitu 82,121% dengan kategori sangat layak, ahli media dengan persentase yaitu 93,423% dengan kategori sangat layak dan uji kelayakan pengguna dengan persentase yaitu 88,136% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lengkungan Jalan, Stake Out, Total Station, Video Animasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2019 02:18
Last Modified: 20 May 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63859

Actions (login required)

View Item View Item