PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN DI SMK TATA BUSANA

Purwanita, Fellya (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN DI SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana; (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari ahli materi; (3) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari ahli media; (3) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari pengguna siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Tata Busana SMK Karya Rini yang berjumlah 24 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk multimedia interaktif untuk menganalisis serat tekstil buatan dalam mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK Tata Busana; (2) kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari ahli materi mendapat skor 70,33 prosentase 87,91% dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia ditinjau dari ahli media mendapat skor 76,5 prosentase 95,62% dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan multimedia ditinjau dari uji coba skala kecil mendapat skor 92,2 prosentase 82,32% dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor 93,4 prosentase 83,37% dinyatakan sangat layak. Dengan demikian multimedia interaktif dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, menganalisis serat tekstil, SMK Tata Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 May 2019 03:13
Last Modified: 06 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63749

Actions (login required)

View Item View Item