Purwanita, Fellya (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN DI SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana; (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari ahli materi; (3) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari ahli media; (3) mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk pembelajaran menganalisis serat tekstil buatan di SMK Tata Busana ditinjau dari pengguna siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Tata Busana SMK Karya Rini yang berjumlah 24 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk multimedia interaktif untuk menganalisis serat tekstil buatan dalam mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK Tata Busana; (2) kelayakan multimedia interaktif ditinjau dari ahli materi mendapat skor 70,33 prosentase 87,91% dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia ditinjau dari ahli media mendapat skor 76,5 prosentase 95,62% dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan multimedia ditinjau dari uji coba skala kecil mendapat skor 92,2 prosentase 82,32% dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor 93,4 prosentase 83,37% dinyatakan sangat layak. Dengan demikian multimedia interaktif dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, menganalisis serat tekstil, SMK Tata Busana |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 06 May 2019 03:13 |
Last Modified: | 06 May 2019 03:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63749 |
Actions (login required)
View Item |