PENERAPAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Prasetya, Robi Agung (2019) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover_plus dkk.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. bab 2.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab 3.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. bab 4.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan active learning dengan metode learning tournament. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI TITL 3 semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 32 siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning dengan metode learning tournament pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI TITL 3. Persentase keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,5% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81%. Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata persentase ketuntasan prestasi belajar aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 56,3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,5%. Rata-rata persentase ketuntasan prestasi belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 74,6%, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,1%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Learning Tournament, Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:33
Last Modified: 24 Apr 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63668

Actions (login required)

View Item View Item