Fitrawardana, Isma (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Halaman awal_14505241027.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I_14505241027.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II_14505241027.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III_14505241027.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV_14505241027.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V_14505241027.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Pustaka_14505241027.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
8. Lampiran_14505241027.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas siklus I, siklus II, dan siklus III. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor motivasi belajar setiap siklusnya. Pada siklus I skor motivasi belajar siswa sebesar 75,33 dengan kategori baik, pada siklus II skor motivasi belajar siswa sebesar 88,50 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III skor motivasi belajar siswa sebesar 89,67 dengan kategori sangat baik dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal KKM dan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada siklus I terdapat 13 siswa (40,63%) mendapat nilai minimal KKM dengan rata-rata nilai kelas menjadi 73,75. Pada siklus II terdapat 27 siswa (84,37%) mendapat nilai minimal KKM dengan rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 86,24. Pada siklus III terdapat 27 siswa (84,37%) mendapat nilai minimal KKM dengan rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 87,28.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tutor sebaya, motivasi belajar, dan hasil belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 03:18 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 03:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |