Salsabila, Azzahra (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2. File Halaman Judul s.d Daftar Lampiran.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
10. File Abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
3. File Skripsi BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
4. File Skripsi BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
5. File Skripsi BAB III.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
6. File Skripsi BAB IV.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
7. File Skripsi BAB V.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
8. File Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
9. File Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesesuaian model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran PLC dengan memanfaatkan Software Zelio Soft 2 terhadap kompetensi siswa; (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PLC melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memanfaatkan Software Zelio Soft 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan. Tahap pelaksanaan yang dilakukan adalah: perencanaan; tindakan; observasi; dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, dan soal pretest-posttest untuk aspek kognitif. Analisis data yang dilakukan adalah: reduksi data, pemaparan data, menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah 75% dari seluruh jumlah siswa mendapat nilai minimal 78, sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual menggunakan Software Zelio Soft 2 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari hasil penelitian siklus 1 sampai dengan siklus 3 nilai rata-rata aspek afektif pertemuan pertama sebesar 59,9% meningkat pada pertemuan kedua menjadi 65,5%, 67,4% pada pertemuan pertama siklus 2 dan meningkat lagi menjadi 71,8% pada pertemuan kedua, siklus 3 meningkat menjadi 79,5% pada pertemuan pertama dan 82,8% di pertemuan kedua. Aspek psikomotorik mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas dari 56,38 pada siklus 1 pertemuan pertama, meningkat menjadi 58,66 pada siklus 1 pertemuan kedua, 68,97 pada siklus 2 pertemuan pertama, 75,69 pada pertemuan kedua siklus 2, dan 89,53 pada pertemuan pertama siklus 3 dan 91,69 pada pertemuan kedua siklus 3. Aspek kognitif mengalami peningkatan persentase kelulusan pada siklus 1 sebesar 88%, 91% pada siklus 2, dan 94% pada siklus 3.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PLC, Software Zelio Soft 2, Contextual Teaching Learning |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 02:32 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63369 |
Actions (login required)
View Item |