Prabowo, Nurdiyansyah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGAMMABLE LOGIC CONTROLLER BERBASIS ANDROID UNTUK TRAINER PENGISIAN DAN PENUTUPAN BOTOL OTOMATIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja media pembelajaran PLC berbasis Android untuk trainer pengisian dan penutupan botol otomatis di SMK dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran PLC berbasis Android untuk trainer pengisian dan penutupan botol otomatis di SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Waterfall. Subyek penelitian dari penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan 15 peserta didik kelas XI TITL di SMK Hamong Putra Pakem. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil uji validitas instrumen dengan rumus Aiken diperoleh nilai rerata 0,79 dengan kategori “valid”. Hasil uji reliabilitas instrumen dengan rumus Alfa Cronbach diperoleh nilai 0,892 dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil penelitian ini diketahui unjuk kerja menggunakan black box testing sebesar 25 dengan kategori “sangat baik”. Kelayakan menurut ahli materi memperoleh rerata skor 66 dengan kategori “sangat layak”, kelayakan menurut ahli media mendapatkan rerata skor 54,5 dari dengan kategori “layak”, dan kelayakan menurut pengguna mendapatkan skor rerata 124, 93 dengan kategori “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul PLC TOI, Android, PLC |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 02:04 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62886 |
Actions (login required)
View Item |