PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Achmad, Maulidina (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan modul elektronik materi desain multimedia kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.; (2) Mengetahui kelayakan modul elektronik materi desain multimedia kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu: (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Desain); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation (Implementasi); dan (5) Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan modul elektronik sesuai dengan model pengembangan ADDIE; (2) Berdasarkan penilaian ahli media, kelayakan modul elektronik yang meliputi aspek desain, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai angka 90 (sangat baik). Berdasarkan penilaian ahli materi, kelayakan modul elektronik yang meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan sajian mencapai angka 76,5 (baik). Berdasarkan uji coba modul elektronik yang dilakukan terhadap peserta didik kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara mencapai angka 83,8 (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Elektronik, Desain Multimedia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62839

Actions (login required)

View Item View Item