PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL

Pangastuti, Fiani Nur Aji (2019) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan partisipasi dan (2) komunikasi interpersonal siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran sistem komputer di kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Sewon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 3 semseter genap tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir pertemuan dilaksanakan kuis individu. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi komunikasi interpersonal siswa, dokumentasi dan catatan lapangan. Metode dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan komunikasi interpersonal siswa melalui penerapan model pembelajaran student team achievement division (STAD) pada mata pelajaran sistem kompter kelas X Multimedia. Pada siklus I rata-rata persentase indikator partisipasi siswa sebesar 71% meningkat pada siklus II meningkat menjadi 81%. Peningkatan rata-rata indikator partisipasi siklus I ke siklus II adalah 10%. Selain itu, pada siklus I rata-rata persentase indikator komunikasi interpersonal siswa sebesar 72% dan meningkat pada siklus II menjadi 83%. Peningkatan rata-rata persentase indikator komunikasi interpersonal siswa adalah 11%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STAD, partisipasi, komunikasi interpersonal, sistem komputer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62681

Actions (login required)

View Item View Item