Alfiansyah, Hendita Rifki (2018) Pengembangan Media Puzzle Buku Cerita Bergambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-hendita rifki alfiansyah-16712251070.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media puzzle buku cerita bergambar yang memenuhi kriteris kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan media puzzle buku cerita bergambar untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri atas 21 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 52 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 86 siswa pada uji lapangan operasional yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, skala, dan tes. Analisis data yang dilakukan yaitu uji-t independen sample t-test dan uji-t paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) media puzzle buku cerita bergambar memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli media dan ahli materi, respon siswa dan respon guru; 2) media puzzle buku cerita bergambar yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan menulis narasi. Kreativitas meningkat secara signifikan berdasarkan uji-t paired pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2 tailed)= 0,000< α = 0,05. Keterampilan menulis narasi meningkat secara signifikan berdasarkan uji-t paired pada taraf signifikansi 0,05 (sig. 2 tailed)= 0,000< α = 0,05. Kara Kunci: media puzzle buku cerita bergambar, kreativitas, dan keterampilan menulis narasi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 02:54 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61382 |
Actions (login required)
View Item |