Pengembangan Media Reflective-Picture Story Book untuk Meningkatkan Karakter Demokratis dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bantul

Susilaningrum, Endah Tri (2018) Pengembangan Media Reflective-Picture Story Book untuk Meningkatkan Karakter Demokratis dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Endah Sri Susilaningrum_15712251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media reflective-picture story book yang layak untuk meningkatkan karakter demokratis dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul, dan 2) mengetahui keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, skala, dan angket. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi dan pedoman wawancara analisis kebutuhan, angket terbuka penilaian diri dan teman sebaya, skala penilaian ahli media dan ahli materi, skala respon guru dan respon siswa, skala karakter demokratis dan skala konsep diri sosial. Kelayakan media reflective-picture story book dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam empat kategori kuantitatif. Keefektifan media reflective-picture story book dalam meningkatkan karakter demokratis dan konsep diri sosial dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini berupa: 1) media reflective-picture story book yang layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil skala respon guru dan respon siswa dengan kriteria “sangat layak”; dan 2) media reflective-picture story book dinyatakan efektif untuk meningkatkan karakter demokratis dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Hasil uji t pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa media reflective-picture story book dapat meningkatkan karakter demokratis dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul secara signifikan dengan nilai signifikansi p ˂ 0.05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan peningkatan karakter demokratis dan konsep diri sosial yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media reflective-picture story book dengan siswa yang tidak menggunakan produk media pembelajaran hasil pengembangan. Kata Kunci: media reflective-picture story book, karakter demokratis, dan konsep diri sosial

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:26
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61296

Actions (login required)

View Item View Item