Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match di Kelas IB SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta

Rohmani, Tri (2018) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match di Kelas IB SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis TRI ROHMANI ( 15712259016 ).swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar melalui model cooperative learning tipe make a match di kelas IB SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IB SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Kelas IB berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan (kisi-kisi) tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat keaktifan siswa meningkat. Hal ini berdasarkan pada data pengamatan dari semua indikator keaktifan pada siklus I tingkat keaktifan yang termasuk dalam kategori aktif sebesar 48,6% dan yang termasuk dalam kategori sangat aktif sebesar 14,3%. Tingkat keaktifan siswa meningkat pada siklus II yaitu sebagian besar siswa termasuk kategori aktif yakni sebesar60,0% dibanding dengan siklus I yang hanya 48,6%, dan yang termasuk kategori sangat aktif sebesar 31,4%. 2) hasil belajar yang dicapai siswa meningkat. Hal ini didasarkan pada data pemenuhan KKM pada siklus I untuk mata pelajaran PKn siswa yang memenuhi KKM mencapai 74,3%. Prosentase pemenuhan KKM meningkat pada siklus II yaitu menjadi 88,6%. Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, cooperative learning tipe make a match

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:09
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61096

Actions (login required)

View Item View Item