Pengembangan Media Storigami untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar

Ahmad, Briliyan Syarifudin (2018) Pengembangan Media Storigami untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-briliyan syarifudin ahmad-16712251060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan kondisi penggunaan media pembelajaran membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar; (2) menghasilkan media Storigami untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan; (3) mengetahui kelayakan media Storigami untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan; (4) mengetahui keefektifan media Storigami untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada sepuluh langkah pengembangan Borg & Gall (1983). Subjek uji coba lapangan awal adalah 12 siswa kelas IA SD Kalasan. Subjek uji coba lapangan utama adalah 21 siswa kelas IB SD Kalasan. Subjek uji coba lapangan operasional kelas eksperimen adalah 27 siswa kelas I SD Balangan 1 dan 22 siswa kelas IA SD Triharjo. Subjek uji coba lapangan operasional kelas control adalah 30 siswa kelas IB SD Triharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian media Storigami bagi ahli media dan ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal tes keterampilan membaca dan soal tes menulis permulaan. Teknik analisis data menggunakan Independen Sample t-test (uji t) dan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa penggunaan media membaca dan menulis permulaan oleh guru masih terbatas. Media Storigami yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SD. Kelayakan dilihat berdasarkan: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran sebesar 4,94 (sangat baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 4,96 (sangat baik); (2) angket respon siswa sebesar 198 (sangat baik) dan angket respon guru sebesar 3,75 (sangat baik). Keefektifan media Storigami yang dikembangkan untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan mencapai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 pada uji t, sedangkan pada paired sample t-test nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, media Storigami dinyatakan dapat digunakan untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SD. Kata kunci: media Storigami, keterampilan membaca, menulis permulaan, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:38
Last Modified: 05 Nov 2021 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61042

Actions (login required)

View Item View Item