Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kerja Kelompok Siswa SD Kelas IV

Aminuddin, Noor Fatwa (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kerja Kelompok Siswa SD Kelas IV. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_NOOR FATWA AMINUDDIN_16712251012.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar kelas IV dan (2) untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kerja kelompok siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan dengan control group design with pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random. Kelas eksperimen yang berjumlah 15 siswa dibelajarkan dengan model inkuiri dan kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa dibelajarkan menggunakan model ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah soal tes untuk pemahaman konsep matematika dan lembar angket untuk kerja kelompok siswa yang diberikan di awal dan dia khir pembelajaran. Validitas dan reliabilitas instrumen tes dan lembar angket dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 16 for windows. Uji asumsi yang digunakan yaitu normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov dan reliabilitas menggunakan rumus Conbrah’s Alpha. Uji hipotesis yang digunaka adah uji-t independent dengan derajat signifikansi 0.05 untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika dan analisis kovarian dengan derajat signifikansi 0.05 untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kerja kelompok siswa. Semua pengujian menggunakan bantuan Software SPSS 16 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukan model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika dan tidak berpengaruh terhadap kerja kelompok siswa SD Kelas IV. Hasil uji-t untuk pemahaman konsep matematika diperoleh nilai sig < 0,05. Sedangkan analisis kovarian pada variabel kerja kelompok menunjukkan nilai sig. 0,350 > 0,05. Hal tersebut berarti 1) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika dan 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemberian model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kerja kelompok siswa. Kata Kunci: pemahaman konsep matematika, kerja kelompok, model pembelajaran inkuiri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:53
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61040

Actions (login required)

View Item View Item