KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Jannah, Raudhatul and Rosnawati, R. (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi keefektifan penerapan teknik mnemonic terhadap hasil belajar matematika, (2) mengidentifikasi keefektifan penerapan teknik latihan soal terstruktur terhadap hasil belajar matematika, dan (3) mengidentifikasi perbedaan kefektifan antara teknik mnemonic dan teknik latihan soal terstruktur pada materi rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus untuk peserta didik SMA kelas XI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan desain penelitian pretest dan posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sleman. Subjek penelitian ini adalah 64 siswa kelas XI tahun ajaran 2017/2018 yang terbagi dalam dua kelas. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa setiap kelas adalah 32 siswa. Instrumen berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas tes hasil belajar menunjukkan bahwa setiap butir soal valid dan nilai realibilitas sebesar 0,65 yang berdasarkan kriteria sedang. Teknik analisis yang digunakan adalah uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata posttest hasil belajar menggunakan teknik mnemonic sebesar 79,06 sedangkan yang menggunakan teknik latihan soal terstruktur sebesar 74,22 karena kedua rata-rata posttest hasil belajar menunjukkan lebih besar dari KKM, sehingga menunjukkan bahwa : (1) teknik mnemonic efektif ditinjau dari hasil belajar siswa. (2) teknik latihan soal terstruktur efektif ditinjau dari hasil belajar siswa. (3) teknik mnemonic lebih efektif dibandingkan dengan teknik latihan soal terstruktur ditinjau dari hasil belajar siswa. Dengan demikian, teknik mnemonic pada materi rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus trigonometri layak digunakan sebagai teknik pembelajaran matematika untuk kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik Mnemonic, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56624

Actions (login required)

View Item View Item