EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Maharani, Melania Desta and Tuharto, Tuharto (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas dari model pembelajaran Examples Non Exampels ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Examples Non Exampels ditinjau dari pemahaman konsep siswa; (2) mengetahui efektivitas pembelajaran saintifik ditinjau dari pemahaman konsep siswa; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran Examples Non Exampels jika dibandingkan dengan pembelajaran saintifik ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kalasan, Sleman dengan sample penelitian adalah siswa kelas VII E dan kelas VII F yang dipilih secara acak. Kelas VII F sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Examples Non Exampels dan kelas VII E sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest-posttest pemahaman konsep dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata posttest pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples sebesar 80,2 sedangkan yang menggunakan pembelajaran saintifik sebesar 76,3 sehingga menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Examples Non Exampels efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa; (2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa; (3) model pembelajaran examples non exampels lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran saintifik ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Penarikan kesimpulan data analisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran Examples Non Examples layak digunakan sebagai sebagai model pembelajaran ditinjau dari pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Examples Non Exampels, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56497

Actions (login required)

View Item View Item