PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI PENYAJIAN DATA YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII

Yanuar, Fajar and Wijaya, Aryadi (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI PENYAJIAN DATA YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan matematika realistik yang berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis siswa materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKS matematika pada materi penyajian data untuk kelas VII SMP dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh ahli untuk aspek kevalidan, lembar angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk aspek kepraktisan, serta tes komunikasi matematis siswa berupa empat soal uraian untuk aspek keefektifan yang dianalisis menggunakan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan skor 4,48 dan LKS memenuhi kriteria sangat baik dengan skor 4,45, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan angket respon siswa memenuhi kriteria baik dengan skor 4,02 dan penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, aspek keefektifan pembelajaran memenuhi kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan belajar 83,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pengembangan, matematika realistik, penyajian data
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56220

Actions (login required)

View Item View Item