HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI WACANA SISWA KELAS V SD SE–GUGUS BINA WIYATA KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS

Rizkianingrum, Kiki (2012) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI WACANA SISWA KELAS V SD SE–GUGUS BINA WIYATA KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kiki Rizkianingrum.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan intensitas membaca dengan kemampuan memahami isi wacana siswa kelas V SD se–Gugus Bina Wiyata, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan ex-postfacto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Bina Wiyata Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Sampel yang digunakan sebanyak 125 siswa, cara pengambilannya menggunakan rumus Issac dan Michael dengan eror sampling 5%. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk pengumpulan data intensitas membaca, sedangkan kemampuan memahami isi wacana menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas variabel intensitas membaca diuji secara empirik dengan menggunakan rumus product moment, sedangkan variabel kemampuan memahami isi wacana menggunakan validitas isi. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alfa Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data terbukti bahwa ada hubungan positif antara variabel X dan Y sebesar 0,577 termasuk dalam kategori sedang atau cukup pada interpretasi koefisiensi product moment. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Intensitas Membaca dengan Kemampuan Memahami Isi Wacana Siswa Kelas V SD se-Gugus Bina Wiyata Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: Intensitas membaca, kemampuan memahami isi wacana, Kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item