UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD N TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN

Ambarwati, Asih (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD N TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Asih Ambarwati.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Timbulharjo Depok Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD N Timbulharjo yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 27 siswa laki- laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data ini: (1) tes dan (2) catatan lapangan. Data kuantitatif yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Pada pembelajaran IPS sebelum tindakan nilai rata-rata kelasnya yaitu 60, pada siklus I meningkat menjadi 75,25, dan pada siklus II menjadi 83,38. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 17 siswa atau 42,5%, pada siklus I meningkat menjadi 30 siswa atau 75%, dan pada siklus II menjadi 36 siswa atau 90%. Kata Kunci: hasil belajar IPS, kooperatif tipe STAD, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item