Hatami, Olivoa Kurnia (2017) Pelaksanaan Program Remedi pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (591kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini mengungkap fakta di lapangan mengenai pelaksanaan program remedi yang diselenggarakan oleh guru. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-fenomenologis dengan metode deskriptif yang dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2017. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas X mata pelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan mengajukan pertanyaan mengapa dan bagaimana terkait perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan hasil program remedi. Teknik analisis data dengan membuat transkrip hasil wawancara kemudian melakukan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA di Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan dengan menentukan peserta didik yang harus mengikuti program remedi berdasarkan KKM, pertimbangan lain yang digunakan yaitu ketika peserta didik diketahui menyontek. Observasi juga dilaksanakan oleh beberapa guru namun tidak diperhatikan dalam perencanaan program remedi. Program remedi yang dilaksanakan berupa belajar mandiri, pembahasan materi atau indikator yang belum dikuasai, pemberian tugas, dan pemanfaatan tutor sebaya. Pemantauan hasil program remedi dilakukan dengan melaksanakan tes ulang. Nilai akhir peserta didik yang mengikuti program remedi sesuai dengan KKM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian kualitatif, program remedi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 02:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |