PEMODELAN MATEMATIKA PENYEBARAN PENYAKIT VIRUS EBOLA DAN ANALISIS PENGARUH PARAMETER LAJU TRANSMISI TERHADAP PERILAKU DINAMISNYA

Afrida, Yusnita and Binatari, Nikenasih and Prihantoso, Kus (2017) PEMODELAN MATEMATIKA PENYEBARAN PENYAKIT VIRUS EBOLA DAN ANALISIS PENGARUH PARAMETER LAJU TRANSMISI TERHADAP PERILAKU DINAMISNYA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan model matematika dari penyebaran penyakit virus Ebola, menganalisis dinamika penyebaran penyakit virus Ebola, dan mengetahui jenis bifurkasi yang terjadi apabila parameter laju transmisi divariasikan. Model matematika penyebaran penyakit virus Ebola memiliki titik ekuilibrium dan bilangan reproduksi dasar yang bergantung pada parameter laju transmisi. Kestabilan titik ekuilibrium ditentukan berdasarkan nilai eigen titik ekuilibrium. Perubahan kestabilan titik ekuilibrium digunakan sebagai penanda terjadinya bifurkasi. Model matematika penyebaran penyakit virus Ebola yang terbentuk adalah model . Sistem persamaan dari model mengalami bifurkasi pada saat parameter laju transmisi sama dengan . Saat parameter laju transmisi kurang dari terdapat titik ekuilibrium bebas penyakit yang bersifat stabil asimtotik artinya ketika individu rentan, individu laten, individu terinfeksi, individu terisolasi, dan individu sembuh pada jumlah tertentu, kemudian interaksi antara individu rentan dan individu terinfeksi menghasilkan individu laten kurang dari dari banyaknya interaksi tersebut, penyakit tidak akan menyebar dan menyebabkan populasi terbebas dari penyakit seiring berjalannya waktu. Saat parameter laju transmisi lebih dari terdapat titik ekuilibrium endemik yang bersifat stabil asimtotik artinya ketika individu rentan, individu laten, individu terinfeksi, individu terisolasi, dan individu sembuh pada jumlah tertentu, kemudian interaksi antara individu rentan dan individu terinfeksi menghasilkan individu laten lebih dari dari banyaknya interaksi tersebut, penyakit akan menyebar dan menyebabkan populasi berada dalam keadaan endemik seiring berjalannya waktu. Variasi nilai parameter laju transmisi pada sistem persamaan model menyebabkan terjadinya bifurkasi transkritikal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penyakit virus Ebola, pemodelan matematika, kestabilan titik ekuilibrium, bilangan reproduksi dasar, bifurkasi transkritikal.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52997

Actions (login required)

View Item View Item