PENGARUH PENERAPAN MODEL SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP PADA TEMA PENCEMARAN AIR

Trihastuti, Yunita (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP PADA TEMA PENCEMARAN AIR. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap literasi sains siswa kelas VII SMP pada tema pencemaran air. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan jenis desain yang digunakan yaitu Time series design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (A, B, C, D, E dan F) SMP N 1 Paliyan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VII F sebagai sampel kelas penelitian yang menggunakan model pembelajaran SETS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran SETS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran model SETS, (2) lembar penilaian Model SETS pada pembelajaran IPA tema pencemaran air pada diri siswa, (3) soal pretest dan posttest literasi sains dalam bentuk uraian. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji homogenitas, uji normalitas dan uji linearitas menggunakan program SPSS 16. Uji hipotesis berupa uji gain score ternormalisasi dan uji regresi linear berganda menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap literasi sains siswa SMP pada tema pencemaran air.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, model SETS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52574

Actions (login required)

View Item View Item