KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Alwi, Febri Harina and Jailani, Jailani (2017) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pretestposttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 11 Yogyakarta. Kemudian dari populasi tersebut dipilih dua kelas dengan menggunakan undian kelas, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji one sample t-test dan Hotteling’s Trace. Berdasarkan hasil yang diperoleh, posttest kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 79,62 dan 77,79 sedangkan untuk minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki skor rata-rata 71,78 dan 70,00. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa; 2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa kelas; 3) pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematis, minat belajar, pendekatan saintifik, Kooperatif tipe TS-TS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52025

Actions (login required)

View Item View Item