MODEL PENGEMBANGAN BANK SOAL BERBASIS GURU DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pujiati Suyata, Prof. Dr. (2010) MODEL PENGEMBANGAN BANK SOAL BERBASIS GURU DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
03_Pujiyati_Suyoto.doc

Download (26kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan menemukan model pengembangan bank soal berbasis guru di provinsi DI Yogyakarta, dengan tujuan penelitian tahun II yakni perbaikan model pengembangan bank soal berbasis guru. Langkah perbaikan yang dilakukan adalah (1) meneliti karakteristik butir tes buatan guru tahun berikutnya (untuk menambah tabungan bank soal), (2) melakukan penyetaraan horisontal, dan (3) melakukan penyetaraan vertikal, sehingga karakteristik butir antar- wilayah berada pada skala yang sama, demikian pula karakteristik butir antar- tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Pada tahap II (tahun 2010), merupakan tahap revisi model dengan melakukan kegiatan yang terkait dengan model tahap I. Dengan menggunakan respons peserta, butir-butir tes dianalisis secara kuantitatif dengan pendekatan teori tes klasik maupun teori respons butir. Revisi model bank soal dilakukan dengan memasukkan butir-butir yang baik pada bank soal, yang berasal dari perangkat tes ujian akhir semester dari 2 kabupaten (Gunungkidul dan Sleman ), dan 4 mata pelajaran (bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA) dengan model analisis concurrent caliberation sehingga parameter butir antar- wilayah dan antar- tahun, serta kemampuan hasil estimasi berada pada skala yang sama. Hasil penelitian tahun II menunjukkan bahwa (1) terkait dengan organisasi guru dalam MGMP dan MKKS, dan keterlaksanaan ujian akhir semester bersama yang dilakukan di tiap kabupaten, dapat disusun model pengembangan bank soal melalui penyusunan soal oleh MGMP atau MKKS. (2) Revisi model telah dilakukan pada tahun II ini dengan mengujicobakan, mengkalibrasi dan menyetarakan antar- kabupaten dan antar tahun, kemudian dipilih butir-butir soal yang baik untuk masuk ke bank soal, (3) Model bank soal (tahun 2010) butir-butirnya telah disetarakan baik antar-wilayah maupun antar-tahun sehingga butir-butirnya berada pada sjkala yang sama.(4) Dengan model yang telah terevisi, telah dihasilkan sejumlah butir soal baik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika, yang menjadi tabungan bank soal di wilayah-wilayah. (5) kemajuan penelitian mahasiswa yang terlibat hibah penelitian pasca ini yakni: 1 mahasiswa S3 sedang menyiapkan diri untuk mengikuti ujian disertasi (tertutup), 1 mahasiswa S-3 sedang melakukan analisis bahan kajian kebijakan, dan 4 mahasiswa S-2 semuanya telah lulus ujian Tesis dan telah diwisuda. Mereka lulus dengan waktu studi 2 tahun.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pasca Sarjana
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item